Training and Workshop, What’s The Difference?

Photo source: istockphoto

Artikel ini ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti, Content Writer Intern di PartnerInc

Di antara dua kegiatan yang sama-sama memberikan informasi dan dapat mengasah pengetahuan juga kemampuan, ternyata ada perbedaan mencolok, lho, Partners!

Workshop atau lokakarya merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memecahkan suatu masalah dan mendapatkan solusi. Biasanya pembahasan dalam workshop bersifat ilmiah, dan disusul dengan sesi praktik yang dijalankan dari konsep yang telah dipaparkan.

Training atau pelatihan adalah proses sistematis dan terorganisir yang dilakukan dengan jangka waktu pendek, dan dirancang untuk mengembangkan sumber daya manusia dan berfungsi untuk memperbaiki kinerja organisasi atau perusahaan.

Setelah mengetahui arti dari keduanya, Partners harus tahu beberapa perbedaan dari keduanya!

  1. Tujuan
    Workshop memiliki tujuan untuk menyelesaikan masalah yang dialami perusahaan atau organisasi, sedangkan training bertujuan untuk melatih karyawan agar menjadi lebih handal dan profesional melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam training

  2. Jangka Waktu
    Workshop umumnya berkisar 1 sampai 3 hari dengan durasi 5 sampai 9 jam per hari, dan training memakan waktu lebih lama, bisa lebih dari sehari bahkan bisa beberapa minggu.

  3. Partisipan

    Partisipan dalam workshop adalah karyawan yang sudah menguasai bidang tertentu dan dapat menggali lebih dalam perihal materi pekerjaannya. Sedangkan partisipan training biasanya karyawan yang belum menguasai keterampilan dan memiliki keinginan untuk belajar skill baru

Team building merupakan salah satu contoh dari workshop yang memiliki dampak positif bagi perusahaan.

Previous
Previous

Performance Appraisal: Improve Your Employee Performance

Next
Next

Become a Learning Designer, Why Not?