Become a Learning Designer, Why Not?

Artikel ini ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti, Content Writer Intern di PartnerInc

Apa Partners pernah mendengar perihal SoLD dari PartnerInc?

SoLD merupakan singkatan dari School of Learning Designer yang menjadi salah satu program unggulan yang dimiliki oleh PartnerInc.

Program School of Learning Designer memfasilitasi peserta untuk mempelajari tahap merumuskan kebutuhan program pembelajaran, merancang dan menyusun program pembelajaran, serta merancang materi pembelajaran agar program pembelajaran menjadi efektif.

Berbagai macam profesi seperti guru, dosen, trainer, coach, hingga bagian pengembangan SDM di perusahaan memiliki peran untuk memastikan kebutuhan pembelajar dapat terfasilitasi dengan program pembelajaran yang tepat. Untuk dapat mencapai program pembelajaran tersebut, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang learning designer.

Tujuan dari SoLD sendiri antara lain:

  1. Memahami konsep pembelajaran

  2. Mengidentifikasikan kebutuhan pembelajaran

  3. Mempraktikkan tahapan – tahapan proses penyusunan modul pembelajaran

  4. Menyusun rencana fasilitasi

 Terdapat lima modul utama yang akan didapatkan dalam program SoLD, yaitu:

  • Inquiry Pre-Design

    Mengidentifikasi karakter partisipan, kebutuhan belajar, dan sumber daya yang tersedia untuk landasan merancang program pembelajaran

  • Learning Objective

    Merancang program pembelajaran yang selaras dengan karakter partisipan, kebutuhan belajar, dan sumber daya yang tersedia

  • Learning Experience

    Merancang pengalaman belajar yang disajikan untuk membantu partisipan mencapai sasaran pembelajaran

  • Learning Evaluation

    Merancang strategi dan perangkat untuk mengevaluasi proses belajar dan pencapaian sasaran pembelajaran

  • Learning Material

    Mengembangkan materi pembelajaran yang diperlukan

Modul-modul ini disampaikan dalam 6 kali pertemuan, 3-4 jam per pertemuan, serta 2 kali kesempatan untuk coaching bersama expert.

Bukan hanya mendapatkan materi, Partners juga akan dapat kursus secara intensif, modul eksklusif yang hanya dicetak khusus untuk Partners, practical tips & trick dan advise dari expert secara langsung dalam rangka merancang program pembelajaran yang tepat sasaran, juga dua kali konsultasi bersama expert setelah program selesai. Selain itu, Partners juga akan diajak untuk langsung merancang inquiry pre-design dan facilitation plan sesuai dengan real-life context yang dimiliki.

Pilihan tepat untuk dapat meningkatkan kemampuan untuk menjadi learning designer yang terampil adalah berkolaborasi dengan ahlinya. Mari berkolaborasi bersama kami dalam program School of Learning Designer!

Previous
Previous

Training and Workshop, What’s The Difference?

Next
Next

LEGO SERIOUS PLAY Untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi