Tidak Hanya Penting untuk Perusahaan, Team Building juga Bermanfaat bagi Karyawan!

Ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti

Ada kalanya, karyawan tidak menyukai kegiatan team building atau training yang dilaksanakan oleh perusahaan. Alasannya karena, tidak relevan dengan pekerjaan, malas membuat yel-yel, sampai ada yang beranggapan kalau setelah mengikuti kegiatan tersebut, tidak mendapatkan apa-apa.

Benarkah begitu? Apa manfaat dari team building untuk diri sendiri di tengah lingkungan pekerjaan? Apakah hanya formalitas perusahaan saja untuk mengadakan team building?

Team building adalah cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama antar anggota yang ada di dalam sebuah perusahaan. Selain itu, team building dilakukan agar tujuan perusahaan dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien. 

Namun nyatanya, team building itu tidak hanya memberi manfaat pada perusahaan, tapi juga bermanfaat untuk karyawannya lho! 

Berikut adalah manfaat team building bagi karyawan:

  1. Dapat berkomunikasi sehingga bisa lebih mudah berkolaborasi
    Team building memiliki kegiatan yang dapat membuat para karyawan saling berkomunikasi secara langsung, terutama karyawan antar divisi yang tidak memiliki kedekatan baik secara emosional maupun jarak ruang kerja. Kegiatan team building yang memerlukan komunikasi yang sangat banyak ini dapat meleburkan rasa canggung pada karyawan lain ke dalam satu ikatan emosional baru.

  2. Menghilangkan stress
    Dengan mengikuti kegiatan team building, para karyawan dapat mengambil napas, rehat sejenak, healing dan melupakan pekerjaan kantor sejenak. Kegiatan yang dilaksanakan dengan mayoritas kegiatan bersenang-senang yang membuat suasana hati yang bahagia tersebut dapat memicu karyawan untuk berkontribusi secara maksimal saat melakukan team building tersebut, sampai kembali bekerja.

  3. Mengenal satu sama lain
    Selain dengan satu divisi, team building juga membantu untuk mengenal karyawan yang beda divisi. Tentu itu membuat relasi semakin banyak dan bisa menambah teman mengobrol untuk di lingkup pekerjaan, sampai ke luar dari lingkup pekerjaan.

Previous
Previous

Berkenalan dengan Asesmen, Yuk!

Next
Next

Hal yang Penting dalam Tim, Jangan Lupa Akan Komunikasi!