Hal yang Penting dalam Tim, Jangan Lupa Akan Komunikasi!
Ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti
Tentunya, di dalam tim jika ingin membangun kerjasama yang baik, cara yang tepat adalah dengan mengerahkan komunikasi yang berkualitas, dan juga jangan lupa untuk meningkatkannya.
Komunikasi dapat membantu dalam menyampaikan pemikiran yang bisa berguna untuk tim apalagi ketika diskusi atau memiliki ide yang baru dan juga efektif. Dengan berkomunikasi yang baik, tugas atau pekerjaan yang dilaksanakan bersama dengan tim pun dapat berhasil.
Dampak dari komunikasi yang baik pun juga ada banyak, di antaranya yaitu:
Akan membantu mengetahui dan meningkatkan peran masing-masing dalam menyelesaikan pekerjaan dalam tim
Pemimpin tim dapat memberi arahan dan permintaan yang tepat setelah diskusi yang berjalan dengan lancar karena komunikasi yang baik
Dapat meningkatkan kerja sama dalam tim terutama dalam membantu satu sama lain
Dapat memudahkan menghadapi suatu masalah
Mendekatkan hubungan setiap anggota tim menjadi lebih akrab dan saling mendukung satu sama lain
Komunikasi dalam sebuah tim merupakan salah satu hal yang sangat penting karena dapat membantu terjalinnya hubungan dan koordinasi yang baik serta membangun satu pemahaman antar sesama anggota dalam mencapai tujuan bersama. Komunikasi yang baik akan menunjang kekompakan dalam suatu tim. Melalui komunikasi, hubungan antar anggota tim akan semakin baik sehingga memberikan dampak pada peningkatan motivasi kerja dari anggota tim dalam melaksanakan berbagai tugas.