Team Building For Better Work!

Photo source: Freepik.com

Artikel ini ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti, Content Writer Intern di PartnerInc.

Ada sumber daya manusia dalam perusahaan maupun organisasi yang memiliki latar belakang berbeda. Dalam latar belakang yang berbeda ini, bisa menjadi nilai tambah bagi perusahaan maupun organisasi. Nilai tambah tersebut adalah sebuah kerja sama (team work). Team work dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan atau organisasi

Proses team building dapat membentuk team work yang baik, kohesivitas juga akan muncul antar karyawan perusahaan atau anggota organisasi.

Team building merupakan aktivitas kelompok yang memiliki interaksi tinggi untuk meningkatkan produktivitas dalam menuntaskan tugas-tugas (Johnson & Johnson, 2000). Team building juga sebuah proses pembelajaran dengan pendekatan eksperimental yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama di antara sesama anggota tim, meningkatkan kualitas komunikasi, dan mengurangi konflik (Kreitner dan Kinicki, 2014). 

Kohesivitas tim dapat meningkatkan kualitas diri anggota tim, komunikasi, kualitas keputusan yang baik, kreativitas, inovasi, dan pemecahan masalah yang lebih baik. Bahkan dapat mengurangi absen dan pemutusan hubungan kerja serta meningkatkan moral karyawan (Schneider dkk dalam Bachroni, 2011).

Berikut ini rekomendasi permainan team building yang bisa dilakukan:

  • Lego Serious Play

  • Master Chef

  • Paintball

  • Group Performance

  • Treasure Hunt

Aktivitas team building yang dirancang diharapkan dapat berdampak positif untuk perusahaan-perusahaan tersebut dalam membangun kerja sama yang lebih efektif di masa depan.

Pilihan terbaik untuk mengambil program team building demi team work yang baik dalam team adalah berkolaborasi dengan PartnerInc.

Previous
Previous

Memahami dan Mengenali Arti 'Burnout'

Next
Next

Apa Benar Resesi Berbahaya Bagi Perusahaan?