Hemat, ini tutorial membuat Kalender di Canva sesuai keinginan mu!

(soure: freepik)

Ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti


Sebagian besar orang pasti sudah mengenal apa itu Canva. Jika belum mengenal, tentunya pernah mendengar. Canva merupakan aplikasi alat bantu untuk membuat berbagai jenis grafis untuk semua jenis produk. Siapa sangka, salah satunya adalah bisa digunakan untuk membuat kalender.

Canva memiliki ratusan template kalender tahunan yang bisa dipakai dengan gratis maupun berbayar. Bahkan karena membuat kalender sendiri dengan Canva, pengguna bisa menambahkan hari-hari yang penting dan tetap mudah diingat.

Mengapa harus susah-susah mendesain kalender sendiri dan mengapa banyak orang heboh akan agenda kertas? Karena kalender nyata ini sangat mudah untuk dipersonalisasi, didekorasi, dan ditandai dengan catatan sendiri, penyesuaian, dan trik lainnya. Tentunya akan menyenangkan dengan kalender yang didesain dengan gaya sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan kalender melalui Canva:

  1. Buka Canva
    Masuk ke Canva dengan menggunakan akun Google, Facebook atau email yang telah terdaftar akunnya

  2. Jelajahi template 
    Cari template di kolom pencarian: “kalender” dan jelajahi template tersebut untuk setiap tema yang diminati atau disukai sesuai dengan gaya sendiri. 

  3. Bereksperimen dengan fitur
    Telusuri bagian elements di sebelah kiri folder yang berisi jutaan foto stok, gambar, ilustrasi, font yang berwarna-warni dan grafis lainnya yang terdapat di Canva. Pilih skema warna yang diminati sesuai gaya.

  4. Berikan sentuhan pada kalender  yang dibuat
    Mix and match desain dari berbagai template, lalu tambahkan sentuhan pribadi dengan mengunggah foto, catatan, dan elemen unik yang dimiliki. Sesuaikan sepuasnya.

  5. Publikasikan, cetak, atau bagikan
    Setelah selesai membuat desain, simpan kalender, lalu bagikan kepada teman atau keluarga. Kalender yang dibuat juga bisa dicetak untuk dijadikan kalender kertas dan jangan lupa untuk mencetak desain dalam kualitas tinggi. 

Grafis mudah seperti kalender saja bisa dibuat, tentunya Canva juga bisa digunakan sebagai tools untuk membuat grafis lainnya. Misalnya, grafis presentasi ketika di kelas maupun kantor. Atau bisa juga untuk membuat logo usaha dan memakai item-item gratis yang tersedia di Canva. Untuk mempelajari lebih lanjut, PartnerInc menyediakan program kelas belajar Canva. Ikuti dan mulai mencoba!


Previous
Previous

Manfaat HR Analytics

Next
Next

Apa Itu People Analytic?