Apa Itu People Analytic?

Ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti

Setelah mengetahui tentang dunia HR (Human Resource), ternyata HR juga perlu memiliki fleksibilitas yang baik dalam mengelola sumber daya manusia yang efisien dan efektif. HR professional memiliki peran dalam pengaplikasian rekrutmen berbasis data yang dikenal dengan istilah people analytics.

People Analytics yang biasa dikenal sebagai HR Analytics adalah pengumpulan dan aplikasi data analytics untuk melakukan improvement talenta dan output bisnis yang memiliki kemampuan untuk dapat mengatasi kendala manusia seperti lingkungan kerja yang kurang menyenangkan, manajemen yang buruk, serta budaya perusahaan yang kurang baik. Melalui people analytics, perusahaan maupun organisasi dapat terbantu dalam mengandalkan data yang mungkin selama ini tidak terlalu diperhatikan oleh beberapa perusahaan atau organisasi. Faktor penentu dalam pengambilan keputusan juga dapat terbantu karena memiliki kelengkapan data.

Josh Bersin (2016) melakukan research terkait people analytics. John Bersin mengemukakan bahwa terdapat 45% terdapat pertumbuhan persentase perusahaan yang siap untuk melakukan people analytics di tahun 2015 hingga 2016. Persentase lainnya yakni 57% perusahaan melakukan prediksi kinerja pekerja karyawan dengan mengandalkan hasil yang berbasis data.

Penerapan people analytics dalam mengolah data karyawan memberi beberapa keuntungan dalam penentuan strategi dan pengambilan keputusan perusahaan. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Meminimalisir Terjadinya Turnover Karyawan
    Dengan menggunakan  people analytics, HR dapat memprediksi seberapa besar tingkat turnover yang akan terjadi di masa depan. Misalnya, dengan mengumpulkan data terkait kepuasan karyawan terhadap perusahaan. Kemudian, menganalisisnya untuk mencari tahu penyebab karyawan ingin mengundurkan diri. Lalu, menemukan solusi paling efektif yang dapat mengatasi masalah tersebut. 

  2. Memudahkan Proses Rekrutmen
    People analytics dapat membantu perusahaan untuk menemukan SDM dengan kinerja yang optimal sehingga perusahaan bisa menempatkan SDM pada posisi yang sesuai minat dan kemampuannya. Hasilnya, dengan perencanaan dan pengelolaan SDM yang baik, performa perusahaan akan meningkat, serta memperkuat posisi perusahaan di tengah persaingan.        

Previous
Previous

Hemat, ini tutorial membuat Kalender di Canva sesuai keinginan mu!

Next
Next

Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja