Persiapan Karier untuk Siswa dengan PartnerInc dan PT Mondelez Indonesia

Artikel ini ditulis oleh Khansa Qonita, Content Writer Intern di PartnerInc

Kebanyakan orang beranggapan bahwa jika karier cukup dipikirkan saat sudah kuliah dan menjadi mahasiswa saja, atau karier tidak perlu direncanakan karena Tuhan pasti sudah menyiapkan rencana yang terbaik untuk para umat-Nya. Padahal, merencanakan karier bukan sembarang kegiatan yang bisa diacuhkan begitu saja lho, Partners. Bahkan para ahli dan pegiat di bidang Human Resource (HR) menyarankan untuk merencanakan karier semenjak masih menduduki bangku sekolah. Jadi, kenapa merencanakan karier itu penting?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu Career Planning atau Perencanaan Karier. Mengutip dari buku “Human Resource Management” karya R. Wayne Mondy dan Robert M. Noe,  career planning adalah proses berkelanjutan di mana seseorang menetapkan tujuan karier dan mengidentifikasi cara untuk mencapainya (Mondy & Noe, 2005). Terdapat beberapa hal yang patut untuk dipertimbangkan dalam proses perencanaan karier, di antaranya adalah bidang apa yang diminati, keahlian dan hobi yang dimiliki, sifat, preferensi dalam bekerja, dll. Secara garis besar, perencanaan karier bertujuan untuk memudahkan individu membuat pilihan di masa depan demi mencapai karier impian.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perencanaan karier merupakan sebuah proses berkelanjutan, bukan proses yang berlangsung dalam waktu singkat. Oleh karena itu, merencanakan karier sejak masih duduk di bangku sekolah merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Melakukan career planning sejak masih sekolah memungkinkan seseorang untuk menyusun strategi dan menavigasi berbagai opsi yang dapat diambil demi mencapai karier impian dengan lebih optimal, seperti hendak melanjutkan sekolah ke mana,  bidang apa yang nantinya ingin dipelajari lebih lanjut, hingga mengenali beragam opsi pendidikan dan pekerjaan yang tersedia.

Menyadari pentingnya career planning untuk para siswa yang masih di bangku sekolah, PartnerInc bekerja sama dengan PT Mondelez Indonesia menyelenggarakan workshop “Career Talk” pada Agustus hingga September 2021. Acara Career Talk ini diadakan secara daring melalui zoom meeting dan diikuti oleh berbagai siswa di bangku SMP, SMA, hingga mahasiswa tingkat awal. Pelaksanaan workshop dibagi menjadi dua batch, masing-masing diadakan satu kali pada bulan Agustus dan September. Career talk yang berlangsung kurang lebih dua sampai tiga jam ini tidak hanya berisi pemaparan materi mengenai perencanaan karir, tapi juga mengajak para peserta mengeksplorasi preferensi karier dan mengenali karier impian masing-masing. Menggunakan bantuan aplikasi google jamboard, para peserta diajak untuk membayangkan dirinya dalam periode 10 tahun ke depan. Acara ditutup dengan quiz dan pemberian penghargaan bagi peserta terbaik.

Harapannya, program Career Talk yang diselenggarakan oleh PartnerInc dan PT Mondelez Indonesia dapat membantu peserta menyadari bahwa merencanakan karier adalah suatu hal yang penting. Perencanaan karier bukan sesuatu yang bisa dipersiapkan dengan instan, tetapi harus mulai dipersiapkan sejak duduk di bangku sekolah. Diperlukan proses pengenalan dan eksplorasi diri yang berkelanjutan agar bisa menentukan jalan yang dapat menuntun seluruh peserta menuju karier impian masing-masing.

Previous
Previous

Kolaborasi PartnerInc dengan Kedutaan Besar Australia di Indonesia Tingkatkan Keterampilan HR dalam Percakapan

Next
Next

Kolaborasi PartnerInc dengan PetroChina Indonesia dalam Membangun Komunikasi dan Teamwork Antar Divisi Perusahaan