Menjaga Kesehatan Mental Karyawan? Penting Banget!

Artikel ini ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti, Content Writer Intern di PartnerInc

Menurut WHO, kesehatan mental adalah ketika seseorang berada di situasi sejahtera dan menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola stres yang dimiliki, dapat beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secara produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya. Kesehatan mental berpengaruh terhadap bagaimana seseorang berpikir, merasakan, bertindak, membuat keputusan, dan berinteraksi dengan orang lain. Orang dengan kesehatan mental yang prima dapat beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensi yang dimilikinya dengan maksimal.

Sekitar 300 juta orang mengalami depresi, dan gangguan kecemasan. Salah satu penyebabnya adalah tekanan kerja. Bahkan WHO memperkirakan hal ini memicu menurunnya produktivitas sehingga menimbulkan kerugian ekonomi global sekitar US$1 triliun setiap tahunnya. Terganggunya kesehatan mental dapat mempengaruhi performa kerja dan produktivitas, hubungan antar rekan kerja, kemampuan fisik, dan sehari-hari seseorang baik di tempat kerja maupun rumahnya.

Rata-rata, karyawan yang mengalami masalah kesehatan mental dari faktor yang bermacam-macam. Bahkan faktor eksternal dari lingkungan kerja juga berpengaruh. Berikut ialah beberapa hal yang menyebabkan karyawan mengalami masalah kesehatan mental:

  • Beban kerja berlebih

  • Masalah dengan kolega

  • Hubungan tidak baik dengan atasan

  • Konflik dengan keluarga atau pasangan

Dilansir dari WHO, organisasi atau perusahaan memiliki tanggung jawab untuk mendukung kesehatan mental masing-masing pegawainya dengan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan jauh dari faktor-faktor eksternal penyebab terganggunya kesehatan mental. Perusahaan perlu melakukan beberapa upaya untuk mencegah atau mengatasi masalah kesehatan mental karyawan. Adapun beberapa langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Saling memberi dukungan dengan bersikap lebih bersimpati antar kolega

  • Ciptakan budaya dan lingkungan kerja yang positif

  • Berempati ketika ada rekan kerja yang mengeluhkan atau terlihat terganggu kesehatan mentalnya

Dalam rangka memfasilitasi informasi dan pengetahuan mengenai isu-isu kesehatan mental terhadap karyawan, PartnerInc bekerja sama dengan CSUL mengadakan Rangkaian Webinar bertemakan Mental Health. Program ini diinisiasi oleh Divisi Human Resources PT. Chandra Sakti Utama Leasing (CSUL Finance) untuk memfasilitasi informasi dan pengetahuan mengenai topik-topik kesehatan mental yang sedang berkaitan dengan situasi di lingkungan CSUL dengan sasaran seluruh karyawan CSUL di seluruh Indonesia.

Salah satu pemateri dalam webinar kesehatan mental ini adalah adalah Fajar Anugerah, seorang expert di bidang social enterprise dan social entrepreneurship. Beliau memiliki pengalaman bekerja di perusahaan non-profit, social enterprise, sektor pribadi, hingga agen pemerintah. Beliau juga membagikan banyak insight menarik tentang tips & trick dalam menyusun perencanaan yang dapat berguna bagi kehidupan personal dan profesional sebagai karyawan CSUL Finance, dan tips & trick untuk menghadapi segala perubahan dalam perencanaan yang sudah dibuat.

Aktivitas project webinar dilakukan setiap bulan satu kali dari bulan Agustus 2021 hingga Januari 2022, dengan metode webinar interaktif selama 2 jam melalui aplikasi zoom dan dilaksanakan selama lima kali pertemuan (lima sesi) Sesi-sesi tersebut terdiri dari:

Sesi 1: Stress saat Pandemi & TIPS Mengelolanya

Sesi 2: Sehat Mental Pasca Positif COVID-19

Sesi 3: Peran dan Kunci Ibu Bahagia

Sesi 4: Hybrid Lifestyle

Sesi 5: Fail to Plan, Plan to Fail: Tips on Effective Planning for Work and Personal Life

Pada dasarnya, kesehatan mental sangat berpengaruh dalam kesejahteraan hidup kita baik secara fisik maupun sosial. Hal-hal yang selalu ada setiap harinya di dalam diri kita seperti pengambilan keputusan, cara berpikir, dan bertindak saling terkait pada kesehatan mental yang kita miliki. Kesehatan mental juga merupakan aspek yang penting dan perlu diperhatikan di lingkungan kerja. Sosialisasi mengenai kesehatan mental harus diberikan sebagai bagian dari strategi kesehatan dan kesejahteraan karyawan yang berkesinambungan dengan perusahaan. Akan sangat baik apabila perusahaan turut mendukung dan berpartisipasi dalam penyediaan program ini.

Pilihan terbaik untuk dapat tetap menjaga kesehatan mental adalah berkolaborasi dengan ahlinya. PartnerInc menawarkan kolaborasi program ini agar para karyawan di tiap perusahaan dapat mengenali pemahaman tentang kesehatan mental yang baik, terutama di tempat kerja.

Previous
Previous

Essential Skills for ACI Telkom’s HR Leader: Relationship Management and Active Listening

Next
Next

Asesmen Rekrutmen Karyawan Baru