Ketahui Potensi Diri Ketika Berkarir!

Picture source: Freepik

Penting untuk mengetahui potensi sebelum memilih karir karena potensi yang mencakup keterampilan, kemampuan, minat, dan nilai dapat berdampak signifikan terhadap kepuasan kerja, kinerja, dan kesuksesan kita dalam berkarir. Menggali dan memahami potensi artinya dapat melakukan pekerjaan sesuai keinginan, passion tanpa adanya keterpaksaan.

Apa Itu Potensi?

Menurut KBBI, yang dimaksud dengan potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Potensi juga berarti kekuatan, kesanggupan, atau daya. Potensi yang ada di dalam diri bisa berkembang dengan cara latihan, mengikuti training minat bakat, atau mempelajari secara otodidak.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa mengetahui potensi kita penting untuk memilih karir:

  1. Kepuasan kerja
    Ketika kita memilih karir yang sejalan dengan potensi yang kita miliki, kita akan lebih menikmati pekerjaan kita dan merasa puas dengan pekerjaan kita. Hal ini dapat menyebabkan kepuasan kerja yang lebih besar dan pandangan yang lebih positif pada karir kita.

  2. Kinerja
    Saat bekerja di bidang yang kita mengerti dalam mengoptimalkan kekuatan dan kemampuan kita, kemungkinan besar kita akan bekerja dengan baik dan mencapai kesuksesan dalam peran yang kita jalankan. Dampak yang dihasilkan antara lain mendapat pengakuan dan pertumbuhan karir yang cepat.

  3. Motivasi
    Kita akan cenderung termotivasi jika pekerjaan yang kita lakukan selaras dengan minat dan value personal. Poin plus dari hal ini adalah peningkatan pada produktivitas, kreativitas, dan inovasi yang lebih besar.

  4. Work Life balance
    Work life balance
    tercipta dari keselarasan antara karir dengan potensi yang dimiliki. Ini dapat mengarah pada kesejahteraan dan kepuasan hidup yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, mengetahui potensi dapat membantu kita memilih karir yang sesuai dengan keterampilan, kemampuan, minat, dan nilai kita, yang dapat menghasilkan keseimbangan karir dan kehidupan personal.

Akan sangat membantu untuk melakukan assessment sebelum memutuskan pekerjaan atau jalur karier. Penilaian dapat memberikan informasi berharga tentang keterampilan, kemampuan, minat, dan nilai kita, yang dapat membantu kita membuat keputusan yang lebih tepat tentang karir kita.

PartnerInc menyediakan layanan “PartnerInc Life” untuk mengenali potensi untuk memilih karir yang sesuai. Layanan ini dirancang untuk memberikan dampak positif bagi yang ingin mengenali potensi yang dimiliki. Yuk coba kenali potensi diri Anda lebih dalam!

Previous
Previous

Growth Mindset adalah Kunci Kesuksesan

Next
Next

Tipe-Tipe Company Culture