Growth Mindset adalah Kunci Kesuksesan

Source Picture: Freepik

Ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti

Tahukah Partners tentang Growth Mindset? Pernah dengar? Pernah membaca? Growth mindset adalah pola pikir berkembang yang ada pada manusia. Tentunya bisa hadir kalau mau berpikir dan mau belajar hal-hal yang baru dan tidak hanya diam saja.

Growth Mindset bisa hadir melalui kemampuan dasar yang bisa dikembangkan oleh seseorang, bisa dari keterampilan baru maupun kebiasaan baru. Dari hal-hal yang baru tersebut bisa menghasilkan sesuatu yang positif karena percaya bahwa kecerdasan dan bakat yang dipunya bisa berkembang seiring berjalannya waktu lewat dedikasi dan kerja keras.

Dari hal-hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang memiliki growth mindset akan berpikir bakat yang dimilikinya sejak lahir adalah sebuah awalan dan tidak menjadikan bakat tersebut menjadi patokan kesuksesannya. Mereka akan selalu belajar demi mendapatkan banyak keterampilan baru yang akan membantunya mendapatkan kesuksesan dalam karier.

Berdasarkan jurnal dari Thomas Edison State University, growth mindset ternyata pertama kali diperkenalkan oleh Carol Dweck dalam bukunya yang berjudul Mindset: The New Psychology of Success. Dalam buku itu menjelaskan bahwa Carol Dweck mengemukakan tentang growth mindset yang merupakan kunci dari kesuksesan, karena setiap orang yang mempunyai pemikiran ini menganggap bahwa bakat yang dimilikinya selalu dapat dikembangkan yang bisa dicapai dari kerja keras, strategi yang tepat hingga masukan dari orang lain. Bicara dalam ranah bisnis, growth mindset akan sangat membantu perkembangan sebuah bisnis.

Manfaat growth mindset:

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

  2. Belajar skill baru

  3. Mau menerima tantangan

  4. Mendapatkan kesempatan baru

  5. Mudah menerima feedback

Previous
Previous

Toxic Productivity, Kelebihan Produktif yang jadi Toxic!

Next
Next

Ketahui Potensi Diri Ketika Berkarir!