Company Culture sebagai Komponen Penting Perusahaan

Ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti

Dalam sebuah perusahaan pasti mempunyai company culture atau budaya kerjanya sendiri. Company culture yang timbul ini memiliki tujuan agar para karyawan lebih produktif, dan mencapai hasil yang sesuai dengan visi perusahaan.

Secara definitif, company culture adalah keyakinan, nilai, serta kepercayaan yang menjadi ciri/citra perusahaan dengan diikuti oleh hal yang dapat dilakukan karyawan sebagai tolok ukur efektif dalam mencapai tujuan sesuai dengan visi misi perusahaan. Jika perusahaan beroperasi dengan company culture yang tidak baik, citranya pun tidak akan baik di mata publik. Imbasnya kemudian jatuh pada brand dan loyalitas pelanggan, bahkan juga pada jumlah dan kualitas karyawan yang bekerja.  

Singkatnya, company culture merupakan cara-cara interaksi perusahaan dengan karyawannya

Company culture dapat mengirim pesan kepada orang-orang di dalam dan di luar perusahaan tentang bagaimana bisnis dilakukan. Mulai dari pesan mengenai tujuan, strategi, struktur, pendekatan organisasi terhadap tenaga kerja, pelanggan, investor, sampai mengenai komunitas yang lebih luas. Maka dari itu, company culture merupakan komponen penting dalam keberhasilan atau kegagalan utama sebuah bisnis.

Mengapa company culture itu penting?

Company culture dapat mengekspresikan tujuan melalui nilai-nilai dan kepercayaan, juga dapat memandu kegiatan melalui asumsi bersama dan norma perusahaan. 

Selain itu, company culture juga dapat membentuk sikap dan perilaku yang menjadi energi menuju tujuan bersama yang dimiliki perusahaan. Selain dapat mendorong karyawan untuk bekerja keras untuk mencapai target, company culture dapat membuat karyawan yang mencapai target itu merasa senang jika melakukannya (tidak dalam tekanan). Oleh karena itu, company culture sangat berpengaruh dalam produktivitas dan kinerja karyawan dan perusahaan.

Yang tak kalah penting dari company culture yaitu citra perusahaan dapat terlihat melalui norma dan standar perusahaan dalam menciptakan value atau nilai. Ketika sebuah perusahaan menuntut karyawannya untuk menghormati pelanggan, itu memberi kesan positif bagi siapapun yang melihatnya. Layanan pelanggan yang diberi oleh karyawan secara baik dan luar biasa itu juga berasal dari company culture dan pola pikir yang menekankan layanan yang sempurna dan pemecahan masalah pelanggan. Demikian juga, ketika perusahaan mengedepankan masalah lingkungan, publik akan melihatnya sebagai perilaku positif.

Previous
Previous

Tipe-Tipe Company Culture

Next
Next

Pemakaian People Analytic