Tingkatkan Kerjasama Tim dengan Cara Unik Ini!

Ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti

Tahukah Partners kalau kerjasama tim yang kuat bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan suatu perusahaan?

Kerjasama tim yang kuat seringkali terlupakan oleh anggota tim, namun sebenarnya dapat meningkatkan performa kerja, mengurangi stres, memunculkan ide kreatif, dan mempermudah penyelesaian masalah.

Kerjasama dalam tim dapat ditingkatkan dengan cara yang unik. Berikut beberapa caranya, Partners!

1. Kenali karakter setiap anggota

“Tak kenal maka tak sayang”. Pepatah tersebut bisa diterapkan dalam meningkatkan kerjasama tim. Dalam meningkatkan kerjasama tim, mengenal karakter setiap anggota sangat penting. Dengan saling mengenal, komunikasi dan diskusi dalam tim menjadi lebih mudah. Dengan pemahaman yang baik, tim dapat mencapai tujuan bersama, memudahkan pencapaian target kerja yang telah ditetapkan.

2. Menciptakan suasana kerja yang nyaman

Dalam meningkatkan kerjasama tim, kunci utamanya adalah menciptakan suasana kerja yang nyaman. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan kebebasan berpendapat kepada setiap anggota tim dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar banyak hal.

3. Tentukan tujuan bersama

Setelah pembentukan dan penyatuan tim, tentukan tujuan bersama melalui brainstorming yang melibatkan seluruh anggota tim. Sertakan penentuan peran bagi setiap anggota dan pertimbangkan sumber daya tambahan seperti waktu, ruang, dukungan, dan dana.

4. Mengobrol dengan rekan satu tim

Komunikasi menjadi kunci utama dalam hubungan tim dan harus diterapkan oleh semua anggota. Komunikasi yang teratur menciptakan kenyamanan, kedekatan, serta memotivasi anggota untuk lebih berani menyampaikan pendapat. Komunikasi yang efektif juga memfasilitasi penyelesaian masalah dengan cepat. Pentingnya komunikasi informal juga terlihat dalam mempererat hubungan tim, melalui obrolan seputar berita terbaru, film, atau jajanan populer.

5. Tentukan aturan dalam tim

“Aturan” disini bukan sekumpulan kewajiban atau aturan kaku. “Aturan” ini adalah aturan yang sederhana namun efektif dapat meningkatkan kohesi tim. Contohnya melibatkan semua anggota dalam diskusi dengan menghindari menatap layar, memungkinkan diskusi sambil makan, dan kadang-kadang mengadakan pertemuan di luar kantor untuk suasana yang lebih menyenangkan.

Yuk tingkatkan kerja sama tim dengan mencoba layanan team building dari PartnerInc untuk membentuk dream team yang diinginkan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kontak kami!

Previous
Previous

Panduan Praktis Mencapai Work-Life Integration yang Seimbang

Next
Next

Beri 5 Dukungan Ini, Bisa Tingkatkan Produktivitas Karyawan!