Skill yang Harus Dimiliki, Creative Thinking!

Ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti

“Creativity doesn’t wait for that perfect moment. It fashions its own perfect moments out of ordinary ones.” —Bruce Garrabrandt

Partners mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Lalu apa itu sebenarnya creative thinking? Apakah mengenai hal-hal kreatif seperti seni, desain, dan lainnya?

Seperti kutipan dari Garrabrandt, kreatif dapat membuat momen sempurnanya sendiri dari momen-momen yang terjadi seperti biasanya. Pada dasarnya, orang-orang banyak yang beranggapan bahwa creative thinking adalah skill yang sangat dipakai dan diperlukan di bidang pekerja seni. Seperti menggambar, melukis, bermain peran, dan yang lainnya. Namun, pemikiran ini sama sekali tidak tepat. Creative thinking ini sebenarnya membutuhkan semua individu, tak hanya di dunia kerja tetapi juga sekolah dalam mendapatkan hasil maksimal.

Creative thinking merupakan skill yang dipakai untuk melihat sesuatu secara berbeda, kemudian mencari serta menemukan ide-ide baru atau biasa disebut out of the box dan dapat digunakan untuk memecahkan masalah dari berbagai sudut pandang serta mampu menciptakan sebuah solusi dengan ide-ide barunya. Selain berguna dalam kehidupan sehari-hari, creative thinking juga sangat berguna dalam perkuliahan, dunia kerja, sekolah dan yang lainnya sehingga dapat menjadi modal soft skill yang dibutuhkan.

Kemampuan creative thinking mencakup lima keterampilan utama, yaitu komunikasi, perspektif luas, pemecahan masalah, analisis, dan penyusunan. Secara singkat, skill creative thinking akan sangat membantu kamu melesatkan karier.

Previous
Previous

Competency Development: Kolaborasi PartnerInc dan ENI

Next
Next

Teori Insentif Motivasi: Kunci Meraih Keunggulan Kompetitif