Kekuatan dari Perubahan-Perubahan Kecil

9 Februari 2021. Ditulis oleh Grace Helena.

Memulai tahun baru, semua orang ingin mengubah sesuatu dalam dirinya. Mungkin kita tergoda untuk membuat perubahan dramatis, tetapi bukankah resolusi tersebut adalah komitmen yang sama persis dengan apa yang kita buat tahun lalu? Jika tahun lalu gagal, mungkin tahun ini resolusi tersebut juga tidak akan berhasil.

Instead of focusing on ambitious changes, start small. Loh, kenapa harus kecil?

Misalnya, ketika seorang pelari yang buruk mendapatkan sepatu yang lebih baik, makan sedikit lebih sehat, memperbaiki postur tubuh sedikit lebih baik, ia akan menjadi pelari yang jauh lebih baik secara keseluruhan. Begitulah pentingnya gabungan dari perubahan kecil.

Menurut James Clear, penulis buku best seller Atomic Habits, kebiasaan baik dan buruk bertambah seiring berjalannya waktu. Melakukan kebiasaan baik 1% setiap hari, ia akan menjadi lebih 37x lebih baik dalam satu tahun. Melakukan kebiasaan buruk 1% setiap hari, maka kita akan menurun secara bertahap.

On that note, rencanakan peningkatan kecil dan mudah. Dengan begitu, kita akan bertahan lebih lama dalam melakukannya.

Now, let’s get practical!

Tips membuat kebiasaan baik agar terus dilakukan:

  • Buat kebiasaan yang terukur dengan jelas
    Kita tidak dapat mengubah apa yang tidak kita ketahui, sayangnya kebiasaan diatur dalam alam bawah sadar kita. Maka dari itu, kita perlu mewaspadai kebiasaan kita dan apa yang memicunya.

  • Buat kebiasaan yang menarik
    Kita melakukan sesuatu karena hal tersebut menyenangkan kita. Mengaitkan hal-hal yang perlu kita lakukan dengan hal-hal yang ingin kita lakukan dapat membuat kita lebih termotivasi membentuk kebiasaan.

  • Buat kebiasaan yang mudah dilakukan
    Buatlah kebiasaan-kebiasaan kecil yang mudah untuk dilakukan sehingga kita tidak menganggap hal tersebut sebagai suatu beban.

  • Buat kebiasaan yang memuaskan
    Semua orang menyukai kepuasan yang didapatkan dengan mudah. Memberikan sesuatu yang memuaskan tepat setelah suatu kebiasaan dilakukan dapat memperkuat kebiasaan tersebut.

(Terinspirasi dari buku Atomic Habits oleh James Clear)

Kemungkinan gagal tetap ada meskipun kita telah melakukan tips-tips ini. Ketika hal ini terjadi, jangan menyerah dan mulailah kembali. Jangan putuskan rantai yang sudah dibuat. Menjadi diri yang lebih baik membutuhkan proses, jadi perbaikan dan kemunduran kecil tidak masalah selama kita berada di jalur yang benar!

PartnerInc, Your Learning Partner.

Baca di Instagram: https://www.instagram.com/p/CKQW1hGszpn/

Referensi:
Clear, J. (2018). Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones. UK: Penguin Publishing Group.

Previous
Previous

The Biology of Love: Behind The Love and Happiness