Berbincang Tanpa Ragu, Bahasa Isyarat Punya Ragam Manfaat

Ditulis oleh Adya Dyanti Kusumastuti

Siapa yang tak kenal dengan sign language atau biasa disebut bahasa isyarat? Di Indonesia sendiri, bahasa isyarat dibagi menjadi dua jenis yaitu BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) dan SIBI (Sistem Bahasa Isyarat Indonesia).

Salah satu perbedaan BISINDO dan SIBI yang cukup terlihat, adalah BISINDO menggerakkan dua tangan untuk mengisyaratkan abjad, sedangkan SIBI hanya menggunakan satu tangan saja. Menarik sekali bukan?

Banyak orang yang kini sudah mulai mendorong kesadaran mengenai pentingnya mempelajari bahasa isyarat ini. Tidak hanya agar bisa berkomunikasi dengan kalangan tunarungu dan tunawicara, tapi menguasai bahasa isyarat pada dasarnya mampu memberi beragam keuntungan dan manfaat yang sangat penting.

Manfaat-manfaat yang didapatkan jika menguasai bahasa isyarat antara lain:

  1. Memudahkan Komunikasi dengan Teman Tuli
    Dengan mempelajari bahasa isyarat, kita bisa turut membantu orang lain, khususnya dari kalangan tunarungu. Karena menguasai bahasa tersebut dapat menjadi perantara dalam komunikasi teman tuli, maupun sekadar berbincang dan menjadi lawan bicaranya.

  2. Meningkatkan Kesadaran pada Sekitar"
    Bahasa isyarat ini jika dikuasai, dapat membuat orang sekitar mengetahuinya, secara tidak langsung kamu menyebarkan kesadaran dan kepedulian tentang pentingnya memahami bahasa tersebut? Saat melihat seseorang berkomunikasi dengan bahasa ini, biasanya mereka akan mempunyai keinginan untuk turut mempelajarinya.

  3. Mampu Memperluas Teman dan Relasi
    Manfaat yang terakhir, mempelajari bahasa isyarat tentu bisa membantu dalam memperluas pertemanan dan relasi. Relasi yang didapat bukan hanya dari teman tuli, tapi bisa dari mana saja..

Terdengar sangat menyenangkan bukan jika menguasai bahasa isyarat? Partners tertarik belajar bahasa isyarat? Jangan lupakan kegiatan yang diselenggarakan PartnerInc dengan judul 𝗕𝗜𝗦𝗜𝗡𝗗𝗢 𝟭𝟬𝟭: 𝗝𝗲𝗺𝗯𝗮𝘁𝗮𝗻𝗶 𝗗𝘂𝗻𝗶𝗮 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗕𝗮𝗵𝗮𝘀𝗮 𝗜𝘀𝘆𝗮𝗿𝗮𝘁 pada hari Sabtu, 23 September 2023 pukul 09.00-12.00 WIB di Graha Ariadi.

Ditunggu kehadirannya ya, Partners!

Previous
Previous

Change Management: How to Lead Change Effectively and Help The Team Adapt to New Challenges

Next
Next

Lugas Tanpa Menyinggung, Gunakanlah Komunikasi Asertif!